Penyebab Api Kompor Gas Merah dan Cara Mengatasinya

Daftar Isi [Show]
Penyebab Api Kompor Gas Merah

TERKUAK.com - Api kompor gas berwarna merah saat di nyalakan bukanlah masalah besar, ini disebabkan ada komponen dari kompor gas yang kotor. Sedangkan cara mengatasinya cukup mudah, Anda pun bisa memperbaikinya sendiri dirumah.

Sejatinya kompor gas akan mengeluarkan sedikit percikan api merah saat pertama kali dinyalakan. Kemudian api tersebut akan berubah menjadi warna biru jika api kompor sudah stabil, yang menandakan api sudah siap dipakai.

Walapun api biru yang dikeluarkan oleh kompor gas kecil, dapat di pastikan apinya lebih panas daripada api warna merah yang lebih besar sekalipun. Sehingga, menjadikan proses memasak akan lebih cepat matang.

Jika api kompor Anda saat di nyalakan berwarna merah jangan khawatir, sebab tidak terlalu membahayakan. Hal ini menandakan bahwa Anda kurang memberikan perawatan, seperti membersihkan kompor gas secara rutin.

Cara mengembalikan kompor gas dengan api berwarna biru tidaklah sulit, namun tidak juga gampang. Berikut ini kami berikan tips memperbaiki api kompor gas warna merah dengan mudah.

Penyebab Api kompor Gas Berwarna Merah

Penyebab api merah terjadi karena tidak sempurnanya proses pembakaran pada burner kompor. Air flow yang menuju ke burner pun terkadang terhambat, akibat banyaknya kotoran yang menyumbat pada ventilasi burner.

Cara memperbaikinya, Anda harus membersihkan burner kompor gas secara rutin. Burner sendiri adalah bagian tengah tungku kompor berbentuk bundar yang memiliki fungsi untuk mengeluarkan api.

Jika sudah tidak ada kotoran yang menyumbat, dapat dipastikan warna api akan kembali menjadi biru. Untuk membersihkan burner kompor pun cukup mudah, Anda bisa menngikuti langkah-langkah dibawah ini.

Cara Membersihkan Burner Kompor Gas

Cara Membersihkan Burner Kompor Gas

Sebelum memulai langkah pembersihan burner kompor penyebab api warna merah, Anda harus mempersiapkan beberapa alat dan bahan yang harus di perlukan, antara lain:

  • Air
  • Panci
  • Cuka putih
  • Bubuk soda kue
  • Sikat gigi bekas
  • Sarung tangan anti panas (jika ada)

Jika sudah dipersiapkan berikut langkah-langkah cara membersihkan burner kompor gas:

  1. Lepaskan tatakan tungku kompor gas, tutup burner, dan kepala burner.
  2. Isi panci dengan setengah air dan juga setengah botol cuka putih.
  3. Masukan komponen tungku ke dalamnya dan biarkan terendam selama 20-30 menit.
  4. Jika sudah selesai angkat, lalu bilas menggunakan air mengalir.
  5. Campurkan bubuk soda kue dengan air secukupnya sampai menjadi pasta.
  6. Olesi komponen tungku dengan pasta tersebut dan biarkan selama 15-30 menit
  7. Bersihkan pasta dari komponen tungku menggunakan sikat gigi bekas dan bilas dengan air bersih.
  8. Terakhir, keringkan kepala dan tutup burner tersebut untuk dipasang kembali ke kompor gas.

Penutup

Menjaga kebersihan kompor gas memang wajib dilakukan setiap tiga bulan sekali, agar menjadikan kompor gas awet dan bekerja dengan baik. Sekian artikel kali ini tentang mengatasi masalah api kompor gas merah, semoga bermanfaat...

Belum ada Komentar untuk "Penyebab Api Kompor Gas Merah dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel